Daftar Tempat Wisata Jakarta Pusat

Sebagai kawasan ibu kota Jakarta memiliki daya tarik tersendiri di semua bidang. Terutama bidang ekonomi, industri hingga pemerintahan di Jakarta Pusat. Selain itu, Jakarta Pusat kaya akan destinasi wisata bersejarah. Tidak hanya Monumen Nasional atau Monas saja, tempat wisata Jakarta lainnya juga tak kalah seru dan memiliki nilai edukasi tinggi. Berikut daftar tempat wisata tersebut yang bisa dikunjungi bersama keluarga.

kota tua jakarta

Kota Tua Jakarta

Tempat wisata Jakarta pertama yang wajib dikunjungi selain Monas adalah Kota Tua Jakarta. Tempat ini dari dulu sampai sekarang memang tak pernah sepi pengunjung, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Hal ini dikarenakan Kawasan Kota Tua dikenal sebagai landmark kota Jakarta yang menyimpan cerita bersejarah dan spot menarik.

Maka tak heran banyak wisatawan mengabadikan spot foto dengan nuansa yang khas di tiap sudut kawasan ini. Tidak hanya itu saja, kegiatan seru dan menarik yang biasa dilakukan adalah mengitari kawasan Kota Tua dengan menggunakan sepeda yang disediakan oleh pihak pengelola. Saat berkunjung ke sini jangan lupa untuk mampir ke Museum Fatahillah yang tak jauh dari lokasi.

taman mini indonesia indah

Taman Mini Indonesia Indah

Keragaman budaya dan keunikan di negeri ini adalah konsep utama dari Taman Mini Indonesia Indah atau dikenal dengan TMII. TMII juga dikenal sebagai miniatur yang merepresentasikan seluruh budaya provinsi di Indonesia. Di sini Anda bisa liburan sekaligus mendapatkan edukasi khususnya untuk anak-anak.

Biasanya wahana yang menjadi favorit para pengunjung adalah kereta gantung. Dari kereta gantung inilah Anda bisa menyaksikan TMII dari ketinggian dengan jelas dan Anda pun bisa melihat miniatur peta Indonesia. Wahana lainnya yang bisa Anda coba bersama keluarga, yaitu Taman Among Puro dan Taman Ria Atmaja. Tiketnya yang terjangkau membuat tempat wisata Jakarta ini cocok dikunjungi di akhir pekan.

Museum Gajah

Museum lainnya yang layak untuk dikunjungi adalah Museum Gajah. Museum ini berlokasi di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa disebut museum gajah? Hal tersebut dikarenakan adanya patung gajah dari perunggu yang tepat berada di depan museum. Patung gajah ini adalah pemberian dari Raja Thailand.

Tempat wisata Jakarta ini pun memiliki koleksi yang beragam dan lengkap dari zaman purba. Beberapa di antaranya adalah prasasti kuno peninggalan peradaban nusantara masa lalu, fosil manusia purba hingga koleksi alat musik tradisional khas dari berbagai daerah di tanah air. Selain itu juga ada perhiasan masyarakat zaman dahulu sampai kerajinan keramik kuno yang masih terjaga dengan baik.

taman ismail marzuki

Taman Ismail Marzuki

Bagi para penikmat seni, tempat wisata Jakarta alternatif ini adalah Taman Ismail Marzuki. Lokasinya berada di Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat. Bisa dibilang, Taman Ismail Marzuki sebagai saksi dari perkembangan dunia seni di Indonesia. Berbagai pertunjukan kerap diadakan di sini mulai dari pertunjukan tradisional seperti musik, film, tari-tarian, wayang sampai pameran lukisan dan foto.

Di sini Anda juga bisa menemukan balai pameran, galeri dan gedung arsip. Ada pula bioskop yang menampilkan film-film pilihan di masa lalu karya anak bangsa. Lalu, yang paling banyak menyita perhatian adalah planetarium di sini banyak digunakan para pengunjung untuk mengamati dan melihat benda-benda di angkasa.

perpustakaan nasional

Perpustakaan Nasional

Siapa bilang membaca di perpustakaan membosankan dan menyeramkan. Hal tersebut berbeda ketika Anda mengunjungi Perpustakaan Nasional. Sehingga tak heran jika perpustakaan ini menjadi tempat wisata Jakarta yang layak dikunjungi siapa saja. Perpustakaan Nasional terdiri dari 27 lantai dan sangat dekat dengan Monas.

Jumlah koleksi di sini sangat lengkap, contohnya di lantai 23 ada buku-buku dari mancanegara. Sedangkan untuk lantai 21 dan 22 khusus untuk umum . Di lantai 24 Anda bisa membaca buku-buku koleksi terbaik dari Nusantara.

Sebenarnya, selain destinasi di atas tempat wisata Jakarta lainnya juga bisa Anda kunjungi di antaranya adalah wisata religi seperti Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral. Tertarik untuk mengunjunginya bersama keluarga di liburan tahun ini?